You need to enable javaScript to run this app.

Kurikulum/ Peraturan Akademik

  • Jum'at, 15 September 2023
  • Administrator
  • 0 komentar

Kurikulum 

Kurikulum yang diterapkan di SMK IGASAR PINDAD Bandung yaitu mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Peraturan Akademik

Kurikulum Operasional SMK Igasar Pindad Bandung memuat peraturan akademik tentang persyaratan dan pemilihan konsentrasi, pembelajaran, asesmen, kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan.

1. Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran dilakukan dengan sistem regular, kecuali untuk Projek Profil Pelajar Pancasila menggunakan system blok, kelas X menggunakan system blok harian yaitu proses pembelajaran kejuruan dalam satu hari tidak bergabung dengan mata pelajaran umum

2. Pemilihan Konsentrasi

Menurut peraturan, pada kelas X siswa memilih Program Keahlian. Kemudian pada akhir kelas X siswa memilih Konsentrasi keahlian berdasarkan minat dan kemampuannya. Mengingat di SMK Igasar Pindad terdapat beberapa Program Keahlian yang hanya membuka satu konsentrasi, maka pada awal kelas X siswa sudah diproyeksikan akan memasuki konsentrasi tersebut. Namun pembelajaran kejuruan di kelas X adalah pembelajaran program keahlian.

3. Sistem Penilaian (Asesmen)

Sistem penilaian dilakukan dengan mengkombinasikan 2 asesmen yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen formatif meliputi asesmen awal dan asesmen proses pembelajaran. Asesmen awal adalah asesmen yang dilakukan secara spesifik untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan peserta didik, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik. Asesmen proses adalah penilaian yang berorientasi pada proses pembelajaran agar siswa memperoleh umpan balik dari guru untuk memperbaiki capaian belajarnya. Asesmen sumatif adalah suatu aktivitas penilaian yang menghasilkan nilai akhir siswa dari suatu lingkup materi atau tujuan pembelajaran dalam bentuk deskripsi dan angka yang kemudian digunakan sebagai keputusan pada kinerja siswa. Prosedur asesmen mengacu kepada Standar Penilaian Pendidikan dan Panduan Pembelajaran dan Asesmen.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Rony Harimurti, S.Pd, M.M

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam sejahtera untuk seluruh siswa-siswi, orang tua, guru, dan staf sekolah kita yang tercinta.Hari ini, kita...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Ekstrakurikuler yang dipilih

Hasil
Banner