You need to enable javaScript to run this app.

Job Fair

Job Fair

Tips Mengikuti Job Fair

Buat kamu para pencari kerja, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengikuti job fair:

1. Cari tahu informasi setiap perusahaan

Pertama, ketika mengikuti job fair kamu perlu mengenali terlebih dahulu perusahaan apa saja yang ikut terlibat. Umumnya, pihak penyelenggara job fair akan memberikan informasi mengenai perusahaan-perusahaan yang akan hadir di job fair.

Nah, dari situ kamu bisa mencari tahu informasi terkait perusahaan yang kamu minati. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa memahami secara jelas perusahaan tersebut.

2. Siapkan CV atau resume terbaru yang menarik

Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu hal yang bisa menentukan berhasil atau tidaknya lamaran seseorang. Nah, jika begitu,  jangan pernah malas untuk membuat dan mempersiapkan CV dengan sebaik mungkin. 

Cobalah untuk membuat sebuah CV yang memang benar-benar bisa mewakili dirimu, dan memiliki kriteria CV yang semestinya. Periksa semua halaman dengan baik, hindari berbagai kesalahan penulisan dan juga tanda baca yang tidak perlu. Jika kamu kesulitan, kamu bisa mencari referensi di internet atau membuat CV secara online.

3. Persiapkan berkas yang dibutuhkan

Selain CV atau resume, kamu juga perlu memastikan semua berkas persyaratan sudah lengkap. Hal itu perlu kamu persiapkan sebelum datang ke lokasi job fair sehingga kamu tidak keteteran.

Biasanya, berkas yang diminta untuk dilengkapi meliputi surat lamaran, resume atau CV, ijazah terakhir, transkrip nilai, foto, KTP, sertifikat, dan dokumen lain yang sesuai dengan bidang pekerjaan. 

Kamu bisa menyusunnya secara rapi agar tidak berantakan dan mempermudahmu di lokasi. Selain itu, dengan begitu pihak perusahaan juga bisa membacanya dengan mudah dan peluangmu direkrut semakin besar.

4. Jaga kesehatan dan stamina tubuh

Selain perihal administrasi, kamu juga perlu mempersiapkan kondisi tubuh. Alasannya, karena kegiatan job fair biasanya sangat ramai sehingga sangat mungkin kamu kelelahan. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan stamina dan energi sebelum mengikuti job fair.

5. Berpakaian yang rapi dan sopan

Jika kamu akan mengikuti job fair, kamu perlu memastikan untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Usahakan tidak hanya memakai kaos dan jeans saja karena pakaian itu tidak cocok atau pantas untuk dikenakan ketika interview. Sebaiknya, kamu menggunakan pakaian formal, seperti kemeja dan celana bahan.

6. Tunjukkan antusiasme

Hal lain yang perlu dilakukan adalah menunjukkan rasa semangat dan antusiasme ketika mengikuti job fair. Usahakan untuk tetap tersenyum ramah dan menunjukkan semangat ketika berbicara.

7. Jalin networking

Selain hal-hal di atas, hal yang bisa kamu lakukan ketika job fair adalah menjalin networking. Ada banyak peserta dan perwakilan perusahaan yang bisa kamu ajak kenalan. Untuk itu, kamu bisa mempersiapkan perkenalan singkat agar perekrut merasa tertarik. Latihlah gaya bicara agar tampak luwes dan lebih percaya diri. Pastikan juga kamu memperoleh kartu nama dari orang-orang yang kamu jumpai. Siapa tahu ke depan kamu mendapatkan kesempatan yang lebih menguntungkan.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Rony Harimurti, S.Pd, M.M

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam sejahtera untuk seluruh siswa-siswi, orang tua, guru, dan staf sekolah kita yang tercinta.Hari ini, kita...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Ekstrakurikuler yang dipilih

Hasil
Banner